Senin, 31 Mei 2010

BOSTON CONSULTING GROUP

BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PT POS INDONESIA
Pengertian BCG merupakan perusahaan swasta yang berbasis di Boston, merupakan pertumbuhan pangsa pasar yang dikembangkan dan dipopulerkan oleh seorang manajemen konsultan terkemuka.
Metode BCG merupakan metode yang digunakan dalam menyusun suatu perencanaan unit bisbis srategik dengan melakukan pengklasifikasian pada potensi keuntungan perusahaan menurut Kotler 2002
Matrik BCG adalah perangkat strategi pemasaran untuk memberi pedoman pada keputusan alokasi sumber daya berdaarkan pangsaa pasar .
Matrik BCG terdiri dari empat kelompok bisnis yaitu:
1. Star (Bintang) mewakili peluang jangka panjang terbaik untuk pertunbuhan dan profitabilitas bagi organisasi
2. Question Mark (Tanda Tanya) memiliki pootensi posisi pasar relative yang rendah tetapi mereka bersaing dalam industri yang bertumbuh pesat.
3. Cash Cow (Sapi Perah) memiliki pangsa [asar relative yang tinggi tetapi bersaing dalam industri yang bertumbuh lambat.
4. Dog ( Anjing) dari organisasi memiliki pangsa pasar relative yang rendah dan bersaing dalam industri yang pertumbuhannya rendah atau tidak tumbuh.

ANALISA BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) pada PT POS INDONESIA

Puluhan tahun PT POS INDONESIA telah berada di tengah masyarakat Indonesia. Dalm konteks tersebut pastilah masyarakat telah akrab dengan berbagai produk yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia. Peranan Pos Indonesia sangat membantu masyarakat yang ingin menggunakan jasanya tersebut salah satunya apabila seseorang tersebut ingin dengan cepat mengirimkan sebuah paket ke berbagai wilayah dapat menggunakan jasa Pos Indonesia. Proses yang cepat dan pastinya dapat lebih efisien dan hemat karena waktu yang dibutuhkan dalam proses pengiriman barang tersebut dapat berlangsung secra singkat dan hemat karena biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan jasa pengiriman tersebut sangat terjangjau dan pastinya tergantung dengan jumlah jarak/wilayah tempat pengiriman barang tersebut.
Produk jasa serupa berjamuran tumbuh dengan variasi layanan yang tidak dimiliki oleh Pos Indonesia, produk jasa tersebut muncul dengan menggunakan label asing bahkan dari tak kalah banyak pula produk dalam negri juga banyak yang menciptakan perusahaan jasa angkutan yang dapat dikatakan sebagai pesaing Pos Indonesia. Berbagai cara dilakukan oleh Pos Indonesia dalam menghadapi persaingan tersebut antara lain dnegan mencipptakan variasi layanan yang dapat menyaingi produk unggulan dari perusahaan jasa pengangkutan sejenis, salah satunya dengan cara membuka fasilitas online, Pos Indonesia memang masih terbilang baru dalam mengoperasikan layanan online karena layanan tersebut baru dapat diakses oleh masyarakat pada tahun 2010 sekitar bulan Januari, walaupun terbilang cukup telat dalam bidang teknologi tetapi paling tidak sekarang Pos Indonesia sudah dapat menyamakan produk jasa pengiriman serupa yang sekarang berada Indonesia.
Dalam kebangkitannya Pos Indonesia masih menemukan hambatan yang cukup berarti yaitu masyarakat masih kurang mengerti bentuk layanan yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia masyarakat luas hanay mengetahui Pos Indonesia hanya berfungsisebagai pengantar surat saja. Karena pemikiran yang demikian Pos Indonesia sangat berupaya keras untuk mempromosikan bentuk bentuk pelayanan yang dimiliki oleh Pos Indonesia.
Perlahan demi perlahan Pos Indonesia sudah mulai bangun dari keterpurukannya, dalam belakangan ini Pos Indonesia memang dirasakan mati suri akibat tersaingi oleh produk pengiriman yang sekarang banyak bermunculan di Indonesia. Satu demi satu Pos Indonesia mengeluarkan terobosan baru untuk bangkit dari mati surinya, berbagai alternative pilihan layanan diberikan oleh Pos Indonesia mulai dari pengiriman paket ke berbagai wilayah dengan harga yang jauh lebih terjangkau samapai dengan mengadakan join dengan beberapa perusahaan yang memang dalam pengiriman produksinya hingga ke berbagai daerah di wilayah Indonesia.
Dalam proses bangkitnya kembali Pos Indonesia sudah dapat dirasakan perbedaannya, masyarakat sekarang banyak yang menggunakan Pos Indonesia dalam membantu mereka untuk memberikan kemudahan dalam proses pengiriman paket/barang ke wilayah Indonesia. Pos Indonesia masih sangat diminati oleh masyarakat karena Pos Indonesia sudah dikenal lebih dari puluhan tahun sehingga banyak masyarakat yang lebih memilih menggunakan jasa pengiriman Pos Indonesia karena kepercayaan mereka terhadap Pos Indonesia yang sudah berdiri puluhan tahun dan pastinya dapat lebih professional karena pastinya sudah banyak pengalaman yang dimiliki oleh Pos Indonesia dibandingkan dengan jasa pengiriman yang lain.
Analisis matrik pada BCG pada PT POS INDONESIA berada pada posisi Question Mark (Tanda Tanya) karena PT POS INDONESIA memiliki posisi pangsa pasar yang relative rendah tetapi mereka bersaing dengan produk sejenis yang bertumbuh pesat.

1 komentar: