Kamis, 18 Maret 2010

analisis strategi SWOT

ANALISIS SWOT PADA POS INDONESIA

Srenghs Weaknessews Opportunities Threats (SWOT) merupakan perangkat pencocokan yang penting membantui menager mengembangkan 4 tipe srategi yaitu :

  1. Strategi SO ( Strengths-Opportunities)
  2. Strategi WO (Weakneses-Threats)
  3. Strategi ST (Strenghts-Threats)
  4. Strategi WT (Weaknesses-Threats)

Mencocokan factor factor eksternal dan internal kunci merupakan bagian yang sangat sulit dalam mengembangkan matrik SWOT dan memerlikan penilaian yang baik dan tidak baik ada sekumpulan kecocokan yang paling baik.


Strategi SO atau strategi kekuatan-peluang menggunakan kekuatan internal perusahaan untuk memanfaatkan peluang eksternal. Semua maneger menginginkan organisasi mereka berada dalam posisi dimana kekuatan minternal dapat dipakai untuk penilaian trend dan peristiwa eksternal. Organisasi umumnya akan menjalankan strategi WO, ST atau WT supaya mereka dapat masuk ke dalam situasi di mana mereka dapat menerapkan strategi SO. Jika perusahaan mempunyai kelemahan besar, perusahaan akan berusaha keras untuk mengatasinya dan membuatnya menjadi kekuatan. Kalau menghadapi ancaman besar, sebuah organisasi akan berusaha menghindari agar dapat memusatkan perhatian pada peluang.


Strategi WO atau strategi kelemahan-peluang bertujuan untuk memperbaiki kelemahan dengan memanfaatkan peluang eksternal. Kadang-kadang peluang eksternal yang besar ada, tetapi kelamahan internal sebuah perusahaan membuatnya tidak mampu memanfaatkan peluang itu. Misalnya, mungkin terdapat banyak perminyaan terhadap alat elektronik untuk mengendalikan jumlah dan waktu injeksi bahan baker dalam mesin mobil (peluang) tetapi pabrik suku cadang tertentu mungkin tidak mempunyai teknologi untuk menghasilkan alat tersebut (kelemahan). Salah satu kemungkinan Strategi WO adalah membeli teknologi ini dengan membentuk usaha patungan dengan erusahaan yang mempunyai kompetensi di bidang ini. Sreregi WO alternative adalah mempekerjakan dan melatih orang untuk memiliki kemampuan teknis yang diperlukan.


Strategi ST atau strategi kekuatan-ancaman menggunakan kekuatan perusahaan untuk m,enghindari atau mengurangi dampak ancaman eksternal. Hal ini tidak berarti bahwa organisasi yang kuat selalu menghadapi ancaman frontal dalm lingkungan eksternal. Contoh strategi ST yang baru baru ini terjadi ketika Texas Instruments mengunakan departemen legalnya (kekuatan) untuk menuntut kerugian dan royalty senilai hamper 700 juta dolar dari sembilan perusahaan Jepang dan Korea yang melanggar hukum atas hak paten untuk chip memori semikonduk dipatenkan merupakan ancaman besar dalam banyak industri. Ini merupakan masalah besar bagi perusahaan AS yang menjual produk di Cina


Strategi WT atau strategi kelemahan – ancaman merupakan taktik defensive yang diarahkan untuk mengurangi kelemahan internal dan menghindari ancaman eksternal. Sebuah organisasi yang dihadapkan pada berbagai ancaman eksternal dan kelemahan internal, sesungguhnya dalam posisi yang berbahaya, Faktanya, atau melakuna merger, rasionalisasi, menyatakan pailit atau memilih dilikuidasi


Skema yang mewakili matriks SWOT terlihat terdapat emp[at sel factor kunci, empat sel strategi dan satu sel yang dibiarkan kosong (sel kiri atas). Empat sel strategi dengan label SO, WO, ST dan WT, dikembangkan setelah menyelesaikan empat sel kunci berlabel S, W, O, dan T. Delapan langkah ini diperlukan untuk menyusaun Matriks SWOT

  1. Tulis peluang eksternal kunci perusahaan
  2. Tulis ancaman eksternal kunci perusahaan
  3. Tulis ancaman kekeuatan internal kunci perusaahan
  4. Tulis kelemahan internal kunsi perusahaan
  5. Cocokan kekuatan internal dengan peluang aksternal dan catatlah strategi SO dalam sel yang saudah ditemukan.
  6. Cocokan kelemahan internal dengan peluang eksternal dan catatlah strategi WO dalam sel yang sudah ditemukan
  7. Cocokan kekuatan internal dengan ancaman eksternal dan catatlah strategi ST dalam sel yang sudah ditentukan.
  8. Cocokan kekuatan ointernal dengan ancaman eksternal dan catatlah strategi WT dalam sel yang sudah ditemukan.

MATRIK SWOT untuk POS INDONESIA

· KEKUATAN

  1. Pos Indonesia lebih terpercaya dibandingkan jasa pengiriman lain yang berasal dari luar negri karena Pos Indonesia melayani dengan sungguh sungguh aupaya masyarakat lebih dapat merasakan kepuasan atas pelayanan yang telah dinberikanoleh Pos Indonesia
  2. Pos Indonesia merupakan jasa pelayanan yang pertama dikenal oleh masyarakat
  3. Dapat menggunakan internet (on line) untuk mengetahui jasa pelayanan apa saja yang tersedia di Pos Indonesia.
  4. Tarif yang diberikan oleh Pos Indonesia lebih terjangkau dibandingkan tarif ynag diberikan oleh perusahaan sejenis.
  5. Berkantor pusat di Jakarta.
    • KELEMAHAN
  1. Pos Indonesia asih kurang diminati oleh masyarakat karena ketidak tahuan para masyarakat akan jasa yang dapat diberikan oleh Pos Indonesia, karena masyarakat hanya mengetahui Pos Indonesia hanya memberikan jasa pengiriman surat saja.
  2. Baru pada tahun 2010 Pos Indonesia mengembangkan system online
    • PELUANG

    • SRATEGI
  1. Permintaan jasa pengiriman meningkat pada saat hari raya.
  2. Kemungkinan adanya kerjasama dengan perusahaan lain sehingga dalam proses pengiriman produksinya dapat menggunakn jasa yang dimiliki oleh Pos Indonesia.

  1. Menambah kapasitas angkutan untuk memperlancar proses pengiriman sehingga dapat terlayani tepat pada waktunya.
  2. Menawarkan tariff yang lebih murah kepada perusahaan yang mempergunakn jasa Pos Indonesia karena perusahaan tersebut mengirmkan paket peketbya dalam jumlah yang banyak dan dalam berbagai provinsi di Indonesia.

    • ANCAMAN

    • SRATEGI
  1. Persaingan dalam industri karena semakin banyak jasa pengiriman yang beroperasi.
  2. Kemungkinan bencana alam sehingga proses pengiriman tidak dapat berjalan secara optimal sesuai dengan permintaan.

  1. Mengiklankan produk produk jasa yang dimiliki Pos Indonesia baik melalui media elektronik dan media cetak.
  2. Berusaha melayani sebaik mungkin walau pada saat terjadi bencana alam.

REFERENSI

David, Fred R. 2005, Manajemen Strategis. Jakarta:PT Index kelompok Gramedia Puri Media Kembangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar